Isu Sampah dan Polusi : Sekolahku Asri, Bebas Polusi


Kata sampah dan polusi tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mendengar kata sampah dan polusi, tentu terlintas dalam pikiran tentang setumpuk limbah menimbulkan aroma busuk menyengat dan tak elok dipandang serta menganggu kesegaran udara. sampah adalah material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya aktifitas yang cenderung merusak lingkungan dan udara disekitar.
Tim Isu Sampah
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sampah dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan maupun bagi kelestarian lingkungan. Bila sampah dibuang tidak teratur atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Tumpukan sampah yang dibiarkan begitu saja akan mendatangkan serangga atau tikus yang membawa kuman penyakit.

Siswa yang tergabung dalam Isu Sampah dan Polusi
sedang membuat label nama pada tempat sampah
Di SD Islam Surya Buana ada beberapa masalah yang erat kaitannya dengan sampah dan polusi. Belum terpisahnya tempat sampah untuk sampah organik dan sampah anorganik, kamar mandi yang tidak bersih. dan polusi udara yang berasal dari asap kendaraan. Beberapa masalah tersebut akan menimbulkan dampak buruk apabila tidak segera dicari solusinya. Beberapa langkah sederhana untuk mengatasi dan mengantisipasi masalah-masalah tersebut, ada beberapa cara yang telah dilakukan oleh tim isu Sampah dan Polusi. Diantaranya, tim isu sampah dan polusi membuat tulisan (sampah organik dan sampah anorganik) pada semua tempat sampah yang ada di sekolah, melakukan pemilahan sampah (sampah basah dan sampah kering), membuat dan memberi himbauan kepada semua warga sekolah untuk menjaga kebersihan kamar mandi, membiasakan menyiram sebelum dan sesudah menggunakan kamar mandi, membuat aturan atau poster tentang area bebas asap kendaraan, serta memarkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan. Peraturan dan kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan sekolah serta membiasakan hidup bersih dan sehat yang tercantum dalam misi SD Islam Surya Buana nomor 4 yaitu membiasakan hidup bersih dan sehat.

Tim Isu Sampah Dan Polusi :
Elok Faizah, S.Pd.I.
Elisatul Evi Zuliana, S.Pd.
Agus Rubianto
Muhammad Syarief Ali Akbar
Alyayank Nuvi Apriliana Putri


You may like these posts:

No comments:

Post a Comment