Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Saturday, November 18, 2017

Isu Sampah dan Polusi : Sekolahku Asri, Bebas Polusi

Kata sampah dan polusi tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mendengar kata sampah dan polusi, tentu terlintas dalam pikiran tentang setumpuk limbah menimbulkan aroma busuk menyengat dan tak elok dipandang serta menganggu kesegaran udara. sampah adalah material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya aktifitas yang cenderung merusak lingkungan dan udara disekitar.
Tim Isu Sampah
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sampah dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan maupun bagi kelestarian lingkungan. Bila sampah dibuang tidak teratur atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Tumpukan sampah yang dibiarkan begitu saja akan mendatangkan serangga atau tikus yang membawa kuman penyakit.

Siswa yang tergabung dalam Isu Sampah dan Polusi
sedang membuat label nama pada tempat sampah
Di SD Islam Surya Buana ada beberapa masalah yang erat kaitannya dengan sampah dan polusi. Belum terpisahnya tempat sampah untuk sampah organik dan sampah anorganik, kamar mandi yang tidak bersih. dan polusi udara yang berasal dari asap kendaraan. Beberapa masalah tersebut akan menimbulkan dampak buruk apabila tidak segera dicari solusinya. Beberapa langkah sederhana untuk mengatasi dan mengantisipasi masalah-masalah tersebut, ada beberapa cara yang telah dilakukan oleh tim isu Sampah dan Polusi. Diantaranya, tim isu sampah dan polusi membuat tulisan (sampah organik dan sampah anorganik) pada semua tempat sampah yang ada di sekolah, melakukan pemilahan sampah (sampah basah dan sampah kering), membuat dan memberi himbauan kepada semua warga sekolah untuk menjaga kebersihan kamar mandi, membiasakan menyiram sebelum dan sesudah menggunakan kamar mandi, membuat aturan atau poster tentang area bebas asap kendaraan, serta memarkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan. Peraturan dan kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan sekolah serta membiasakan hidup bersih dan sehat yang tercantum dalam misi SD Islam Surya Buana nomor 4 yaitu membiasakan hidup bersih dan sehat.

Tim Isu Sampah Dan Polusi :
Elok Faizah, S.Pd.I.
Elisatul Evi Zuliana, S.Pd.
Agus Rubianto
Muhammad Syarief Ali Akbar
Alyayank Nuvi Apriliana Putri


Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Pembelajaran Tematik yang Menarik Study Visual Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Pengelolaan Kelas Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah Display Kelas KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kelas Cerdas Kelas Menyenangkan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Manajemen Kelas Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM