Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Tuesday, November 21, 2017

Isu Resiko : Sekolahku Aman, Tanpa Resiko

Isu resiko adalah bagian dari sembilan isu dalam eco mapping Green School Festival 2017. Isu resiko berkaitan dengan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah agar selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan, sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai dengan maksimal. Ketika sarana prasarana semakin tua, maka tingkat kerusakan tentu meningkat. Dengan demikian, sarana dan prasarana sekolah mutlak harus dijaga dan dipelihara demi keselamatan bersama  dan terwujudnya tujuan pendidikan.
Kondisi dari masalah yang ada pada isu resiko saat ini mencakup kategori masalah dengan kondisi yang berat, sedang, dan ringan. Masalah – masalah tersebut diantaranya lantai rusak di tangga menuju lantai 2, sandaran kursi lepas di kelas 2B, penyangga jendela rusak dan  handle pintu kelas lepas di kelas 5C, serta papan nama kelas yang kawat penggantungnya sudah berkarat di kelas 2C.
Dari masalah-masalah tersebut, tim isu resiko melakukan pemecahan masalah dengan memanfaatkan alat yang ada di sekolah. Seperti lantai yang rusak karena keramiknya pecah, ditambal menggunakan campuran semen, pasir, dan air. Sehingga lantai tidak berlubang dan aman untuk dilewati. Dengan menggunakan palu dan paku milik sekolah, tim isu memaku kembali sandaran kursi yang lepas. Sehingga kursi bisa dimanfaatkan kembali oleh para siswa untuk belajar dengan nyaman.
Masalah berikutnya yang ditemukan oleh tim isu adalah adanya penyangga jendela yang rusak dikarenakan paku ulir yang lepas. Sehingga para tim isu memasangkan kembali paku ulir pada penyangga jendela agar bagian tersebut bisa berfungsi kembali dengan baik. Pemecahan masalah pada handle pintu kelas yang lepas dengan memasang kembali handle tersebut dengan menggunakan paku ulir dan obeng. Sehingga siswa dan guru bisa membuka atau menutup pintu dengan nyaman.
Adanya papan nama kelas yang lepas dikarenakan kawat penggantung yang berakarat, mendorong para tim isu resiko bergegas untuk memperbaikinya. Tim isu resiko memanfaatkan kawat yang ada di sekolah untuk mengganti kawat yang sudah berkarat tersebut. Sehingga papan nama terpasang kembali dengan kuat. Hal ini dapat memudahkan para tamu yang datang ke sekolah untuk mengenali ruangan yang dilewatinya.
Dari semua masalah yang ditemukan, tim isu resiko dapat menyelesaikan dengan baik. Tidak banyak alat yang harus dibeli. Para tim isu resiko memanfaatkan alat dan bahan yang ada di sekolah. Sarana dan prasarana di sekolah menjadi terawat dan terjaga dengan baik. Sehingga seluruh warga sekolah bisa beraktifitas dengan nyaman dan aman.
 Anggota:
Maratus Sholikah, S. Pd.
Zainatul Hasna, M. Ag

Intan Ifda El Rabbani 
Nasywa Haniyah
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Pembelajaran Tematik yang Menarik Study Visual Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Pengelolaan Kelas Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah Display Kelas KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kelas Cerdas Kelas Menyenangkan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Manajemen Kelas Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM