Isu Peta Umum Sekolah : Melihat Tingkat Masalah, dari Peta Umum Sekolah


Peta umum sekolah merupakan gambaran umum sekolah yang menggambarkan secara keseluruhan tata letak dari bangunan sekolah. Hal ini bertujuan untuk memberi pemahaman akan tata letak bangunan sekolah tersebut. Peta umum yang dimaksudkan pada kegiatan Green School Festival disini  disajikan tidak hanya berupa denah tempat, tetapi beserta isu-isu yang ada.
Terdapat sembilan isu yang ditampilkan dalam Peta Umum Sekolah. Diantaranya adalah isu peta umum sekolah, sampah dan polusi, energi, air dan limbah cair, tanaman hijau, resiko, kantin sehat, inovasi teknologi serta literasi dan publikasi. Semua isu mempunyai titik pembahasan yang berbeda tapi saling berkorelasi. 

            Langkah pertama dari pemetaan umum sekolah ini membentuk tim yang terdiri dari dua guru dan melibatkan dua siswa. Setelah itu siswa dikumpulkan serta diberi pengarahan akan pemetaan sekolah. Dengan berkeliling seluruh area sekolah siswa mulai mencari masalah-masalah yang ada dari sembilan isu tersebut, mencari potensi yang bisa dimanfaatkan dan solusi yang bisa menyelesaikan masalah. Lalu mereka mencatat dan memuat dalam mapping kecil yang menarik.
            Dalam isu pemetaan umum mempunyai masalah yang perlu dicari solusi. Masalah yang terjadi seperti kurangnya kepedulian warga sekolah akan isu-isu yang terjadi disekolah tersebut, padahal sekolah telah memiliki visi berwawasan lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut sekolah dan warganya haruslah bertindak supaya masalah ini bisa terselesaikan.
            Isu pemetaan umum sekolah menjadi pembahasan yang pertama. Didalamnya memuat semua masalah, potensi yang bisa dimanfaatkan dan solusinya. Dari peta umum sekolah, kita bisa melihat mana masalah yang harus segera diselesaikan terlebih dahulu. Itu juga menjadi alasan mengapa peta umum sekolah dijadikan pembahasan utama dalam Green School Festival 2017.
Oleh Tim Isu Peta Umum Sekolah
M. Ilyas Al Rochim, S.Pd. Gr.
Rizki Syahrul Mubarok, S.Pd.

Daiva Afroz Farzana Rohmada - Salsabila Putri Azzahiroh

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment