Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Thursday, November 2, 2017

Belajar Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Eco Green Park

Hai teman-teman yang baik hati... pasti pada bingung ya, apa hubungannya berhemat energi dengan Eco Green Park? Ikuti cerita ini sampai akhir, ya. Tapi kalian Sudah pernah kan  berkunjung ke Eco Green Park?
Wahhhh belum keren doong kalau belum pernah kesini..
            Kalau kalian belum pernah kesana, dan ingin tahu ada apa siih yang ada di Eco Green Park? Nah ... baca cerita ini sampai akhir, yaa. Disini akan kami ceritakan perjalanan kami menuju Eco Green Park sampai kembali lagi ke sekolah.
Sudah menjadi kegiatan sekolah kami setiap bulannya untuk melakukan pembelajaran diluar kelas sesuai dengan tema yang sedang kita pelajari. Kegiatan tersebut sering kita sebut dengan SV (Studi visual). Kami sangat antusias belajar bersama di Eco Green Park. Di sini kami belajar tentang banyak hal.... Banyaak dan buaaaanyaaak sekali.
Ketika di pintu masuk kita disambut dengan kakak-kakak berkostum badut yang mengajak kami berjoget-joget riang. “Putar kekiri yee,,, nona manis putar ke kiri, ke kiri, ke kiri, ke kiri dan ke kiri ke kiri ke kiri ke kiri manise” Kira-kira seperti itulah sepenggal lagu yang kami narikan bersama ketika itu. Ketika lagu sudah selesai dan kami semua diizinkan masuk, Miss Miss cantik walikelas kami memberikan selembar Lembar Kerja yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar beberapa tempat yang akan kami kunjungi di Eco Green Park.
Beberapa langkah setelah kami melewati pintu masuk, kami langsung bertemu dan dijelaskan tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Kami menuliskan tentang manfaat dan kegunaan dari PLTS tersebut. Kira-kira seperti gambar di sebelah ini, ya teman.
            Kami melanjutkan perjalanan menuju hewan-hewan serangga yang sudah diawetkan. Disana kami menemukan kupu-kupu, capung, ular, dan banyak lagi serangga yang lain. Tentu saja yang sudah diawetkan ya teman. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan dan menuju ke satwa burung besar dunia. Disana kami menemukan banyak sekali burung besar dari berbagai wilayah di dunia. Ada si Burung Unta yang tendangannya bisa mematahkan tulang, (Hiiiii sereeeeeemmm). Kemudian ada Burung Emu, burung yang berasal dari Australia ini merupakan burung tertinggi kedua setelah Burung Unta, loo. Dan masih banyak lagi burung-burung besar yang lainnya.
            Perjalanan selanjutnya kami menuju Music Plaza. Zona ini berbentuk sebuah lingkaran kolam air yang bisa memberikan alunan musik dari pergerakan air tersebut. Disitu kita mencoba satu persatu mainan tersebut. Ada yang seperti kincir air dan ketika kita putar, maka air dari kincir tersebut masuk ke dalam wadah-wadah musik dan akhirnya bisa keluar suara musik. Seru, bukan?
            Kami menuju ke ke Zona Animal Farm, disini kami bisa tahu tentang campuran pakan ternak, cara pengolahan limbah ternak, cara pengolahan susu, dsb. Seruuuu banget deh pokoknya. Selanjutnya kami menuju ke Rumah Biogas. Disana banyak sekali pengetahuan yang kami dapatkan, mulai dari apa itu biogas, kemudian bagaimana cara membuat biogas, dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Kami jadi tau bahwa Biogas adalah salah satu Energi Alternatif yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biogas bermanfaat menggantikan Gas Bumi. Dengan begitu, kita akan lebih hemat energi. 
            Banyak sekali hal yang kita pelajari, termasuk di rute selanjutnya yaitu Hydroponic. Di zona ini kita belajar tentang tanaman yang dikembangkan secara hidroponik, seperti paprika, stroberi, tomat, dan jamur. Ada juga rumah jamur yang ketika kita masuk, kita akan diterangkan tentang cara pengembangbiakannya hingga pengolahannya menjadi bahan pangan.
            Pada rute selanjutnya tidak kalah seru loo, Teman. Ada zona Rumah Kompos. Senang sekali kami disana. Selain kakaknya yang menenerangkan dengan gaya yang lucu dan menyenangkan, kami juga belajar tentang apa  itu kompos, manfaat kompos, kelemahan kompos, cara membuat kompos, contoh energi ramah lingkungan. Kami juga tahu bahwa pupuk kompos sangat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. Dengan adanya pupuk kompos, maka kita sudah mengurangi sampah yang ada di lingkungan kita.
Zona selanjutnya adalah Zona Burung Kakak Tua sedunia atau World Parrots. Banyak sekali macam-macam kakak tua disini dan berasal dari berbagai penjuru dunia. Ternyata burung-burung yang berasal dari berbagai dunia ini mempunyai warna yang khas, loo Teman. Dari putih, hitam, hijau, merah, kuning, biru, dan orange. Wow, sangat beragam, kan? Ini nih ada satu foto, biar kalian bisa mengenal dan tahu tentang berbagai macam burung disini.  

Sebenarnya, masih sangat banyak Zona-Zona yang sangat seru disana. Tapi, tidak mungkin, kan kami tulis semuanya disini? Kalau kalian penasaran, langsung berkunjung kesana saja, ya. Finally, kami dan para Miss-Miss yang ikut dalam perjalanan kami memutuskan  untuk menyudahi perjalanan kami di Eco Green Park dalam Studi Visual tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Bagi kalian yang belum pernah ke sana, buruan kesana, yaa. Banyak sekali pengetahuan dan manfaat yang kalian dapatkan disana. Ikuti kami terus di perjalanan-perjalanan edukasi selanjutnya. See you!

Oleh : Fika Aprilia, S.Pd.I
Guru Kelas 4B
SD Islam Surya Buana Malang 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Study Visual Pembelajaran Tematik yang Menarik Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme Pengelolaan Kelas SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Display Kelas Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM