Tips Mempertahankan Suasana Kelas Tetap Nyaman Pasca Lomba Pengelolaan Kelas


       Pada setiap awal tahun pelajaran baru, SD Islam Surya Buana Malang selalu berpartisipasi dalam mengikuti Lomba Pengelolaan Kelas yang diadakan oleh gugus 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Ada beberapa aspek yang dinilai dalam lomba tersebut, diantaranya: 1).Data Kelas, 2).Kelengkapan Kelas, 3).Hasil Karya Siswa, 4). Alat Pelajaran, 5). Alat Kebersihan, 6). Keindahan, 7). Administrasi Kelas, 8). Inovasi, 9). Suasana Kelas. Pada tahun ini, lomba tingkat sekolah digelar pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017 dan tingkat gugus pada hari Kamis, 07 September 2017. Lomba ini diikuti oleh seluruh kelas mulai kelas I sampai kelas 6 yang totalnya 20 kelas.
   Pada tahun ini, tampaknya antusiasme para guru dan siswa semakin meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Besar kemungkinan hal itu disebabkan oleh faktor indikator lomba yang dibuat sama dari tahun ke tahun sehingga guru-guru sudah berpengalaman dalam memenuhi seluruh indikator yang ditetapkan. Seluruh kelas didesain sedemikian rupa karena keindahan, inovasi dan suasana kelas (rapi, indah, bersih) juga memiliki bobot nilai yang cukup tinggi. Banyak keuntungan dari adanya lomba tersebut. Diantaranya suasana kelas menjadi nyaman karena rapi, indah dan bersih. Guru dan siswa tentunya betah menjalani proses belajar mengajar dengan suasana tersebut.
   Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dengan semakin banyaknya tugas wali kelas, terkadang mempertahankan suasana kelas yang tetap bersih, rapi, indah bukan lagi menjadi perhatian utama. Pajangan yang jatuh, sampah yang menumpuk, sapu yang berserakan, dan sebagainya seperti menjadi hal yang biasa. Sangat kontradiktif dengan suasana kelas ketika menjelang penilaian lomba. Padahal, seandainya mau mengingat kembali, waktu, tenaga, ide/pikiran yang dikeluarkan ketika proses mempersiapkan lomba itu sangatlah besar. Betapa ruginya seandainya nyaman hanya dapat dinikmati dalam sekejab mata saja. Padahal jika bisa dipertahankan, akan menjadikan guru dan siswa nyaman belajar di kelas apalagi full day sehingga tetap betah belajar seperti di rumah sendiri.
   Pada dasarnya tidaklah sulit mempertahankan kelas selalu bersih, rapi, indah. Seperti di kelas 6-C, hingga hari ini suasana kelas kurang lebih sama dengan ketika lomba. Langkah yang dilakukan adalah dengan dibuatnya Detail Job Description pada pelaksanaan jadwal piket. 
   Detail Job Description pada pelaksanaan jadwal piket adalah penyusunan jadwal piket secara detail/rinci agar siswa lebih fokus menyelesaikan proses piket di kelas sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Detail Job Description pada pelaksanaan jadwal piket di kelas 6-C adalah sebagai berikut: 1). Menyapu 2). Mengepel 3). Menghapus papan tulis 4). Membuang sampah 5). Menyiram tanaman 6). Mengisi spidol. Pihak yang andilnya sangat besar dalam mengontrol terlaksananya program ini adalah sie kebersihan. Sie kebersihan memantau terlaksannya piket selama 1 hari mulai pagi hingga sore hari. Sehingga diharapkan kelas tetap bersih.
   Untuk lebih memotivasi para kelompok piket agar menjalani tugasnya dengan baik, sie kebersihan mengumumkan hasil piket pada saat menjelang pelaksanaan Sholat Dhuha. Semua kelompok piket berhak mendapatkan reward sebagai bentuk penghargaan atas jerih payahnya dalam menyelesaikan tanggung jawab yang sudah diemban. Akan tetapi jumlah perolehan reward tergantung proses dan hasil piket pada hari tersebut. Kelompok piket yang kompak, rapi, bersih mendapatkan 2 reward, sedangkan yang kurang sempurna mendapatkan 1 reward. Konsekuensi logis bagi anggota kelompok yang tidak piket adalah membantu piket 2 hari berturut-turut.
   Pada awal pelaksanaan program tersebut memang wali kelas dituntut harus telaten dalam mengarahkan, membimbing, memantau. Akan tetapi sekitar dua minggu kemudian semuanya sudah berjalan sesuai yang diharapkan. Banyak sekali manfaat yang dirasakan dengan program tersebut, terutama dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di kelas 6-C diantaranya: 1) Melatih kemandirian 2). Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan  3). Melatih ketelitian dan kepedulian terhadap lingkungan dan sesama  4). Melatih life skill / keterampilan hidup  5). Melatih leadership   6). Melatih tanggung jawab     7). Suasana kelas tetap nyaman karena senantiasa rapi, bersih, indah.

Oleh : Kurniawati, S.Si., S.Pd.
Guru Kelas VI-C
SD Islam Surya Buana Malang

1 comment: