Parents Day : Serunya Belajar Bersama Orangtua


Lembaga pendidikan lahir dan berkembang secara efektif dan efisien dari masyarakat (orang tua) oleh dan untuk masyarakat (orang tua). Maka dari itu sekolah harus mengadakan kerja sama dengan masyarakat (orang tua). Hal itu penting agar sekolah bisa dimiliki bersama baik oleh lembaga sendiri maupun masyarakat (orang tua).
Pendidikan bukan hanya tanggungjawab sekelompok orang atau instansi saja, namun hal itu merupakan tanggungjawab seluruh elemen yang ada. Baik pemerintah maupun masyarakat. Maka dari itu pelaksanaan pendidikan yang ada di lembaga, baik lembaga swasta maupun negeri membutuhkan kerjasama. Karena kehidupan ini adalah kehidupan sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Apalagi dalam pelaksanaan pendidikan sangat membutuhkan bantuan maupun dukungan dari orang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam pendidikan.
Di SD Islam Surya Buana telah melaksanakan kerjasama dengan Masyarakat (orang tua) melaui sebuah kegiatan. Kegiatan tersebut diberi nama Parents Day. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat untuk kelas bawah ini, telah berjalan selama bertahun-tahun dan berkembang secara efektif dan efesien. Salah satunya terbukti di kelas 2 B yang selalu menanti kegitan yang dilaksanakan oleh sekolah melalui kerjasama dengan orang tua itu.
Dengan adanya kegiatan tersebut, hari Jumat menjadi hari yang paling menyenangkan bagi anak kelas bawah. Kira-kira apa, ya yang membuat berbeda? Padahal kegiatannya sama-sama belajar dan mendapatkan ilmu. Ternyata yang berbeda adalah kehadiran orang tua untuk belajar bersama anak-anak di kelas. Saat Parents Day, orang tua lah yang memimpin berbagai kegiatan untuk anak-anak sesuai dengan kemampuannya. Bahkan dengan antusias mereka yang sangat tinggi, mereka selalu bertanya-tanya sehari sebelum pelaksanaan Parents Day.
            Dengan kegiatan Parents Day, anak-anak bisa belajar bersama orangtua dan mendapatkan berbagai macam ilmu yang belum tentu mereka dapatkan dari guru. Walaupun kegiatan Parents Day di SD Islam Surya Buana memiliki alokasi waktu yang cukup singkat, tetapi akan sangat berkesan untuk anak-anak karena dikemas dengan kegiatan yang bermakna. Manfaat dari kegiatan ini selain mendapatkan ilmu dan pengalaman yang baru, anak-anak juga bisa mengenal orangtua  masing-masing teman.

            Kegiatan Parents Day di SD Islam Surya Buana kebanyakan berupa kegiatan membuat prakarya unik. Seperti membuat topi wisuda, membuat papan nama lucu, hingga membuat prakarya dari barang bekas. Prakarya dari barang bekas ini pernah dilakukan di kelas 2B, yaitu membuat pesawat mainan dari botol bekas. Selain mendapatkan mainan baru, anak-anak secara tidak langsung juga telah belajar mendaur ulang sampah. Sampah bekas air mineral ternyata bisa menjadi barang yang lebih berguna. Dengan adanya kegiatan ini, semoga menjadi jembatan untuk menghasilkan generasi pembaharu bangsa yang lebih kreatif dan peduli terhadap kelestarian alam.

Oleh : Zainatul Hasna, M.A.
Guru Kelas 2-B
SD Islam Surya Buana Malang

You may like these posts:

No comments:

Post a Comment