Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Inovasi,
Maju dalam Kreasi, dan Berwawasan Lingkungan.

Monday, October 16, 2017

Ekstrakurikuler Membatik Sebagai Sarana Cinta Warisan Nenek Moyang


         Ekstra kurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di sekolah. SD Islam Surya Buana memfasilitasi bakat dan minat siswa siswinya dengan memberikan beberapa pilihan ekstrakurikuler baik yang berhubungan dengan olahraga atau kesenian. Membatik adalah salah satu ekstrakurikuler yang berhubungan dengan kesenian yang bisa dijadikan pilihan untuk mengembangkan bakat dan juga minat siswa dan siswi disini.
            Menurut beberapa ahli, Seni Batik merupakan sebuah teknik untuk menghias kain dengan melalui beberapa proses, diantaranya adalah proses pembuatan pola batik, kemudian penulisan menggunakan malam, pewarnaan dan pelorotan (perebusan) untuk membersihkan malam yang menempel pada kain. Proses penulisan batik menggunakan canting dan malam yang dipanaskan, dan proses ini dilakukan secara manual oleh tangan.
            Kegiatan ekstrakurikuler membatik masih tergolong baru di SD Islam Surya Buana karena baru dibentuk pada awal tahun pelajaran 2016/2017. Ekstrakurikuler ini diperuntukan bagi kelas 3, 4, dan 5. Hingga saat ini, ekstrakurikuler ini beranggotakan 13 siswa. Kegiatan ekstrakurikuler ini dilakukan setiap hari Jumat pukul 09.45 10.45. Jenis batik yang dipelajari para siswa adalah batik tulis. Ciri utama jenis batik ini terdapat proses pencantingan.
            Pada hari Jumat, 29 September 2017, anggota ekstrakurikuler membatik melakukan kegiatan pencantingan. Mereka sangat antusias untuk melakukan proses ini. Alat-alat yang dibutuhkan adalah kompor, wajan, malam, dan tentunya canting.  Mengaplikasikan cairan malam yang ada di dalam canting ke media kain yang sudah diberi pola merupakan proses yang sangat membutuhkan ketelatenan. Proses ini juga membutuhkan latihan untuk hasil yg rapi.
            Membatik mengajarkan ketekunan, kesabaran, keteguhan, ketangguhan dan kemandirian dalam bekerja serta berusaha. Membatik juga dapat menjadi sarana untuk wujudkan kecintaan terhadap seni dan budaya asli Indonesia. Dengan adanya ekstrakurikuler membatik, diharapkan siswa - siswi SD Islam Surya Buana bisa mengenal, mempelajari, dan melestarikan salah satu seni warisan nenek moyang. Selain itu, mereka juga akan mengetahui proses pembuatan dan juga makna dibalik motif-motif yang ada pada kain batik. Keindahan yang tercipta dari hasil kerja keras mereka dalam membatik akan membawa kebanggaan tersediri.

Oleh Bu Mega Jasinta, S.Pd.
Guru Bahasa Inggris dan Wali Kelas IB
SD Islam Surya Buana Malang




Share:

0 comments:

Post a Comment

Tags

SD Islam Surya Buana Malang Surya Buana Malang SDI Surya Buana Jawa Pos Radar Malang Pembelajaran Tematik GSF 2017 Green School Festival 2017 Full Day School Pembelajaran Tematik Asyik dan Menarik Pembelajaran Tematik yang Menarik Study Visual Event Radar Malang Green School Media Pembelajaran Kreatif Media Pembelajaran Tematik Business Day PPDB SD Kota Malang Penerimaan Peserta Didik Baru SD Islam Surya Buana Malang dinas pendidikan kota malang Entrepreneur Pembelajaran Berbasis Proyek Green School Festival 2018 Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Literasi Business Event Ngalam MTs Surya Buana Perguruan Surya Buana Malang SMA Surya Buana Eco Green Park Energi Alternatif Kincir Angin GSF 2018 Gebyar Kreativitas Anak Muslim Kantin Sehat Kemdikbud PPK Peduli Terhadap Makhluk Hidup Penerimaan Peserta Didik Baru SD Kota Malang Pengelolaan Kelas Tematik YDSF visit malang BMKG Karangploso BMKG Karangploso Malang Buletin Mini Sekolah Display Kelas KBTK Surya Buana Kolej Tunku Kurshiah Malaysia Literasi Sekolah Makanan Sehat Nasionalisme SDI Surya Buana Bebas Narkoba Sekolah Hijau Seputar Malang Wisuda Tahfidz Yayasan Dana Sosial Al Falah petik jeruk visit batu Anti Narkoba BNN Kota Malang BPTP BPTP Karangploso BSM Babinsa Dinoyo Badan Narkotika Nasional Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bank Sampah Kota Malang Batik Indonesia Batik Nasional Beautiful Lombok Biofilter Anaerob Buletin Mini Daur Ulang Sampah Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang Dinoyo Malang Ekstrakurikuler Membatik FRSIS FRSIS 2018 Festival 2017 Gerakan Literasi HUT Kota Malang 104 HUTRI HUTRI73 Humas Pemkot Batu Industri Keramik Innopa Innopa Indonesia Inobel Jatim Park 1 Jumat untuk Lombok Kantin Sehat Surya Buana Keamanan Pangan Kelas Cerdas Kelas Menyenangkan Kemerdekaan Keramik Dinoyo Koramil Koramil Lowokwaru Lalu Lintas Literasi Literasi Teknologi Informasi Lomba Agustusan Lomba Pengelolaan Kelas Lombok Mading 3D Mading Tiga Dimensi Malang Unik Manajemen Kelas Mengetuk Pintu Surga Muharram 1439 H NKRI Ngalam Olahan Jagung Manis PJOK Parade Muharram 1439 H Parents Day Peduli Lombok Peduli Sampah Pelopor Keselamatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pemkot Batu Pendidikan Jasmani Peristiwa Rengasdengklok Polresta Kota Malang Potpourri Pray For Lombok Prestasi Yes Narkoba No Reuse Reduce Recycle Sampah Ekonomis Simposium Snake And Ladder Tahun Baru Hijriyah 1440 H Warisan Nenek Moyang YBCPM