Ekstrakurikuler Membatik Sebagai Sarana Cinta Warisan Nenek Moyang



         Ekstra kurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di sekolah. SD Islam Surya Buana memfasilitasi bakat dan minat siswa siswinya dengan memberikan beberapa pilihan ekstrakurikuler baik yang berhubungan dengan olahraga atau kesenian. Membatik adalah salah satu ekstrakurikuler yang berhubungan dengan kesenian yang bisa dijadikan pilihan untuk mengembangkan bakat dan juga minat siswa dan siswi disini.
            Menurut beberapa ahli, Seni Batik merupakan sebuah teknik untuk menghias kain dengan melalui beberapa proses, diantaranya adalah proses pembuatan pola batik, kemudian penulisan menggunakan malam, pewarnaan dan pelorotan (perebusan) untuk membersihkan malam yang menempel pada kain. Proses penulisan batik menggunakan canting dan malam yang dipanaskan, dan proses ini dilakukan secara manual oleh tangan.
            Kegiatan ekstrakurikuler membatik masih tergolong baru di SD Islam Surya Buana karena baru dibentuk pada awal tahun pelajaran 2016/2017. Ekstrakurikuler ini diperuntukan bagi kelas 3, 4, dan 5. Hingga saat ini, ekstrakurikuler ini beranggotakan 13 siswa. Kegiatan ekstrakurikuler ini dilakukan setiap hari Jumat pukul 09.45 10.45. Jenis batik yang dipelajari para siswa adalah batik tulis. Ciri utama jenis batik ini terdapat proses pencantingan.
            Pada hari Jumat, 29 September 2017, anggota ekstrakurikuler membatik melakukan kegiatan pencantingan. Mereka sangat antusias untuk melakukan proses ini. Alat-alat yang dibutuhkan adalah kompor, wajan, malam, dan tentunya canting.  Mengaplikasikan cairan malam yang ada di dalam canting ke media kain yang sudah diberi pola merupakan proses yang sangat membutuhkan ketelatenan. Proses ini juga membutuhkan latihan untuk hasil yg rapi.
            Membatik mengajarkan ketekunan, kesabaran, keteguhan, ketangguhan dan kemandirian dalam bekerja serta berusaha. Membatik juga dapat menjadi sarana untuk wujudkan kecintaan terhadap seni dan budaya asli Indonesia. Dengan adanya ekstrakurikuler membatik, diharapkan siswa - siswi SD Islam Surya Buana bisa mengenal, mempelajari, dan melestarikan salah satu seni warisan nenek moyang. Selain itu, mereka juga akan mengetahui proses pembuatan dan juga makna dibalik motif-motif yang ada pada kain batik. Keindahan yang tercipta dari hasil kerja keras mereka dalam membatik akan membawa kebanggaan tersediri.

Oleh Bu Mega Jasinta, S.Pd.
Guru Bahasa Inggris dan Wali Kelas IB
SD Islam Surya Buana Malang




You may like these posts:

No comments:

Post a Comment